https://www.flickr.com/photos/128085386@N06/16640509414/in/photolist-rmsXGJ-7cXqm8-mbs77H-mbrRo4-mbnd5K-cgVZH9-auRguL-8RMkyX-8RQs1N-8RQrxC-8RQrkw-6LnXoA-99i4Eg-4z8HmD-7fwKo7-7cXpve-8NYnMh-8NYnKQ-8NVgoB-8NYnGs-8NVgkX-8NYnDy-8NYnCE-8NYnBQ-8NVggH-8NYnzY-8NVgeP-8NVge6-8NYnxU-8NYnx5-8NYnw5-8NVgaP-8NYntu-8NYnss-8NVg7D-8NVg6B-8NYnps-8NVg54-8NYnn9-9t1riC-5CYFAd-5CUp1p-5CUopp-4FXshg-5CYF9J-5CYFZW-qLH1A-5CYFQ1-5CUoPZ-5CYFrC

Kenapa Inspirator bukan motivator?

Semuanya diawali dari sini… (Tulisan ini mungkin akan menjadi sedikit lebay, yaudeh lah ya)

Saya sama sekali bukan orang yang gila dengan kata-kata mutiara ala Motivator. Jujur saya itu orang yang gak PeDe an, minder, gak gaul dan ya gitu lah. Banyak yang bilang saya gak punya tujuan hidup, dan gak maximal hidupnya, kurang motivasi hidup gitulah katanya, entahlah mungkin orang-orang ini sudah lebih paham tentang hidup daripada saya. Saya udah sering ikut seminar motivasi seperti saran teman-teman, dan hasilnya apa? nihil, kayanya udah kebal ajah gitu. Oke ini hidup udah bener-bener flat, gak pernah ngelakuin apa-apa, gak menghasilkan apa-apa dan bener-bener gak guna. Aku harus berubah (Menjadi Power Ranger)

Saya gak butuh motivator yang cuma bisa ngomong doang, saya butuh inspirasi buat bisa ngelakuin sesuatu sama arahan gimana caranya bisa ngelakuin hal itu. Saya pengen banged hidup saya itu jadi dampak, dan bermanfaat buat orang lain, yah kaya Naruto gitu lah.

Percaya gak percaya sosok Pandji Pragiwaksono inilah yang menjadikan saya berubah. Dia turut andil dalam memperbarui pola pikir saya, dan menginspirasi saya untuk berkarya. Saya tau Pandji sejak di Kena Dech, kemudian Provocative Proaktive, dan setelah itu mulai wira-wiri di dunia Stand Up Comedy. Awalnya sih biasa ajah gitu, yaudah lah ini artis keren dan melek politik yaudah itu ajah kesannya buat saya, gak ada yang special sampai akhirnya semuanya berubah sejak negara api menyerang saya mulai membaca buku-buku Pandji (masih yang Free Version).

Saya waktu itu membaca dari Nasional Is Me, Merani Mengubah, Merdeka Dalam Bercanda, dan yang terbaru Indiepreneur. Setelah saya membaca buku-bukunya, wow sama mulai kebakar. Ada banyak hal yang saya gak pernah sadari, dan itu benar-benar diungkap sama Pandji. Di buku Nasional Is Me Pandji menjelaskan bagaimana Indonesia itu indah banged dan bagaimana dia bisa mencintai Indonesia karena dia sudah melihat kenyataan yang ada di Indonesia, disinilah saya mulai belajar mencintai Indonesia dan mau keluar dari kamar untuk melihat banyak hal di Indonesia. Cukup terharu juga dengan kisah perjuangan si Pandji kecil, tapi itulah hal yang memotivasi saya untuk bangkit dari keterpurukan dan memutarbalikan keadaan. Di  Berani Mengubah seperti sebuah doronagn untuk melakukan eksekusi atas setiap inspirasi yang saya dapet, harus ada tindakan, memang sulit kadang untuk mewujudkan sesuatu atau merubah sesuatu, tapi pasti bisa !!! Kata-kata inilah yang membuat saya semakin antusias untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin. Dan saat Indiepreneur keluar, saya semakin meledak dan mendobrak sesuatu dipola hidup saya, saya belajar menghargai karya, belajar beli karya original, dan belajar berkarya. (Sampai akhirnya saya beli buku Indiepreneur setelah nabung beberapa lama, masih nunggu dikirim hehe)

Saya gak tau, udah pantes disebut fans atau belum. Saya mulai mengikuti karya Pandji baru sejak tahun 2013 akhir. Saya ngerasa belum pantes lah jadi Wongsoyudan, masih baru banged. Bahkan di #BalasDi18 ini saya gak ngarep-ngarep banged bisa dapet hadiah cuma pengen berpertisipasi dan sebagai bentuk apresiasi atas apa yang udah bang Pandji kerjakan yang menginspirasi hidup saya.

Kalo bicara tentang moment foto bareng Pandji, memang saya merasa beruntung banged. Saya tinggal di Purworejo, sebuah kabupaten yang waktu itu Abdur pas show RuleOfThree disini mengira kalo ini bukan kabupaten, tapi kecamatan -_-. Jauh dari jangkauan dari ibukota dan kota besar, membuat saya pesimis bisa ketemu artis kaya Pandji. Sampai ada satu moment saat Pandji dateng mengisi seminar di UII Yogyakarta akhirnya saya bisa kesampean nonton Pandji. Waktu itu saya cuma mampu beli tiket festival, saya duduk di deretan tengah, bukan spot bagus kalo mau ambil foto Pandji waktu lagi ngisi seminar gitu. Saya waktu itu bener-bener menikmati setiap hal yang Pandji coba sampaikan, bagaimana berkarya dan jadi dampak. Sampai akhirnya waktu itu tiba, Pandji memberi pertanyaan dan hadiahnya adalah meet and greet. Singkat cerita saya bisa jawab dan dapet hadiah bisa meet and greet bareng Pandji. Wow … Sebuah mimpi disiang bolong beneran, karena emang beneran waktu itu siang-siang. Saya gak pernah nyangka bisa meet and greet, bisa foto ajah gak ngarep banged, buat beli tiket ajah kudu utang dulu sama temen (Makasi buat Meggi yg udah nemenin dan beliin tiket dulu). Ini beneran kesempatan yang keren banged lah.

AhxqE2uM

Meet and Greet yang gak pernah disangka bisa ketemu sama orang yang udah menginspirasi saya. Speechless, gak bisa ngomong banyak padahal waktu itu dikasih kesempatan buat nanya apa ajah. Tapi denger Pandji cerita gima World Tournya dan project-project baru dia udah merasa kagum ajah, jadi semakin termotivasi untuk ikutan berkarya juga.

Setelah pertemuan itu selang beberapa lama Pandji balik lagi ke Jogja untuk stand up, di event Main Mata di UNY. Akhirnya bisa kesampean denger bang Pandji stand up langsung, selama ini cuma bisa liat di TV sama di You Tube. Tapi sayang kali ini cuma bisa foto dari jauh gak sempet foto bareng waktu kelar acara.

CHY0EtrUwAAXMXy

Ada banyak hal yang gak bisa disampaikan melalui tulisan, tapi saya beruntung mengenal Pandji, beruntung karena orang ini, saya mempunyai hidup yang lebih hidup, dan semoga di ulang tahunnya ini, Pandji bisa terus berkarya dan menginspirasi Indonesia.

Dirgahayu Sang Inspirator.

Satu tanggapan untuk “#BalasDi18 Dirgahayu Sang Inspirator

Tinggalkan Balasan

