Students in Classrooms at UIS 9-4-10

Banyak anak-anak SMA yang baru lulus pada galau menentukan gimana masadepan mereka, mau kerja, mau kuliah, atau mau nikah. Yang pengen kerja pada bingung ngelamar pekerjaan, yang pengen kuliah pada bingung nyari tempat kuliah, dan yang mau nikah pada bingung nyari anak siapa yang mau di hamilin duluan. Gitu.

Dulu saya adalah lulusan SMK dan diarahkan buat kerja, tapi saya memutuskan buat kuliah biar keliatan berpendidikan gitu. Siapa tau nanti abis kelar kuliah bisa jadi tukang insinyur kaya si Doel. Tekanan saat pertama kali masuk di dunia perkuliahan memang sangat kerasa sekali saya rasakan, soalnya disekolah gak diarahin, maklum anak SMK kan diarahkan buat kerja atau bisnis. Entah itu kerja di pabrik atau bikin usaha sendiri, jualan bensin eceran misalnya. Menjalani masa-masa awal masuk dunia perkuliahan memang sangat membuat galau, banyak hal-hal yang harus dipersiapkan dan saya sama sekali gak ada gambaran waktu itu, masa iya saya harus gambar sendiri dibuku gambar. Kan engga.

Ada banyak persiapan yang harus dilakukan Maba supaya sepanjang kehidupan perkuliahannya lancar jaya dan sentosa. Selain persiapan mental, seorang Maba juga harus siap secara dana, kuliah itu butuh dana bos. Kalo udah niat buat kuliah, kurang-kurangin dech nongkrongnya, kurang-kurangin juga nyewa kimcilnya. Dunia perkuliahan menuntut seorang untuk menjadi lebih mandiri, jadi manusia mandiri yah bukannya jadi nasabah bank mandiri. Selain itu masuk dunia perkuliahan juga ada hal-hal baru yang harus dicari oleh Maba. Pencarian yang dilakukan Maba gak sama kaya pencarian Tong Sam Cong yah, yang mencari kitab suci, Maba mencari hal-hal yang akan menunjang kehidupan mereka selama perkuliahan.

Nah buat para Maba berikut hal-hal yang harus kalian cari sebelum sepenuhnya menjadi mahasiswa, untuk menunjang masa depan kalian selama kuliah.

Pencarian Tempat Tinggal Baru (Kost/Kontrakan)

cats

Yups, menjadi mahasiswa yang jauh dari rumah membuat Maba harus mencari tempat tinggal baru. Entah itu kost atau kontrakan, terserah, karena gak mungkin kalian mau bikin tenda didepan kampus atau tidur di pom bensin. Mencari kost/kontrakan tidak segampang yang dibayangkan. Kadang harus muter-muter dulu, dan namanya tempat tinggal juga cocok-cocok an. Pas udah nemu eh gak cocok sama tempatnya, atau harganya kemahalan, dan akhirnya harus muter lagi.

Cari kost yang murah. Hidup sendiri ditanah rantau, jauh dari orang tua, membuat Maba harus pinter-pinter ngelola uang. Makanya sebisa mungkin apa-apa cari yang murah. Begitu juga dengan kost/kontrakan. Cari kost/kontrakan yang standar lah, gak usah mewah-mewah. Gak usah sok-sokan nyari yang ada AC nya atau kamar mandinya pake air panas, situ mau kuliah bro bukan mau liburan. Kalo mau hidup mewah mending cari tante girang atau om-om senang.

Cari kost yang gak jauh-jauh dari kampus, jadi bisa ngirit ongkos. Beruntung banged buat mereka yang bisa dapet kost/kontrakan murah dan deket sama kampus. Keliatannya sih kost kaya gini yang jadi incaran para Maba, tapi kayanya sekarang udah engga dech. Sekarang pada nyarinya kost/kontrakan yang boleh bebas bawa pasangan masuk, jadi kebutuhan syahwat terpenuhi. Buat kamu yang merasa diri alim dan taat sama agama, ati-ati sama tempat macam begini, karena kalo kalian nekat ngekost ditempat yang bener-bener bebas kaya gini, jangan heran kalo malem-malem kalian bisa denger suara desahan yang gimana gitu. Kalo kalian denger suara aneh kaya gini, saran ajah kalian puter suara adzan atau ayat kursi keras-keras, ntar suara itu juga ilang sendiri (kalo masih tau risih sih pelakunya).

Carilah kost/kontrakan yang nyaman dan aman. Banyak banged sekarang kost/kontrakan yang gak aman dan sering kemalingan, nah kudu ati-ati nih milih tempatnya. Sebisa mungkin barang-barang berharga selalu diamankan, karena dalam kost/kontrakan yang terkuncipun masih bisa dibobol.

Pencarian Senjata Perang Perkuliahan

markers

Nah ini juga gak kalah penting. Kuliah ibarat perang, kalian harus punya senjata biar bisa menghadapi perkuliahan. Nah didunia kuliah kalian bakal jarang nyatet, lebih banyakang  minta materi softcopy maka dari itu cari flashdisk dengan kapasitas besar, biar cukup buat nyimpen materi-materi kuliah. Walaupun jarang nyatet, buku catatan dianjurkan tetap harus punya. Karena biasanya ada beberapa hal penting yang tidak ada dimodul, jadi harus dicatat gitu. Selain itu kan dibuku catatan kamu bisa nulis-nulis puisi buat gebetan gitu.

Perhatikan perlengkapan kecil, macam lakban, isolasi, penggaris, spidol, dll.

Smartphone sangat dibutuhkan juga, biasanya buat komunikasi antar temen sekelas kalo ada tugas, dan yang jelas biar bisa buat nyari gebetan guys. Camera Smartphone juga bisa dimanfaatkan buat motret tulisan dosen dipapan tulis. Ada beberapa aplikasi dismartphone yang bisa sangat membantu macam kalkulator, kamus, dan browser untuk mencari materi dadakan waktu dikelas. Kece kan, nah makanya punya smartphone jangan cuma buat facebookan.

Laptop/komputer memang terkesan barang mewah, dan pelu gak perlu juga sih. Tapi kalo menurut saya sih cukup perlu, karena lebih efektif ajah buat ngerjain berbagai macam tugas dilaptop sendiri daripada diwarnet.

Intinya kamu harus prepare semua perlengkapan ini sebelum kamu memasuki dunia perkuliahan yang sangat kejam.

Pencarian Teman Baru

Friends

Hidup ditempat yang baru dan komunitas yang baru menuntut kita buat bisa nyari temen baru juga. Seorang Maba harus pinter nyari kenalan dan bertemen, biar gak cupu gitu. Yah setidaknya dengan punya temen kamu punya tempat buat minta bantuan, terutama utangan. hehe. Belajar lah buat bersosialisasi, dunia perkuliahan jadi tempat yang tepat buat kamu mengenal banyak hal, mulai dari budaya sampai ilmu-ilmu baru lho. Pasti nanti kamu bakal ketemu banyak orang dari berbagai macam penjuru negeri, nah belajar bergaul ajah biar bisa dapet wawasan baru.

Carilah temen yang kamu anggep pas dan cocok sama kamu. Jangan bertemen sama orang yang cuma bisa nyusahin kamu, tapi carilah temen yang rela kamu susahin (pengennya menang banyak). Nah nyari temen juga ati-ati nih, gak semua orang itu baik lho. Banyak juga lho orang-orang yang awalnya baik eh ujung-ujungnya malah kamu diprospek buat ikut MLM, ati-ati tuh.

Pencarian Gebetan Baru

catsw

Ini juga penting nih, apalagi buat kamu yang udah lama jomblo. Punya gebetan bisa membantu memotivasi kamu buat terus semangat kuliah, yang penting bijak-bijak lah buat menjalin hubungan pergebetan ini. Jangan sampe kamu diporotin yah hehe.


Oke selamat berjuang buat kamu para mahasiswa baru. Jadilah kebanggaan orang tua, bangsa, dan calon mertua.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s