Design By Me
Design By Me

Dalam hal berkarya, banyak orang yang terlalu manja dan terlalu takut buat memulainya. Kadang mereka too much thinking dan ujung-ujungnya yah gitu, gagal berkarya lagi. Berkarya itu membuat sesuatu yang berasal dari passion kita, jadi jangan merasa terbebani gitu guys, kalo passion mah harusnya enjoy buat ngerjainnya, Saya sering sekali mendengar pertanyaan “Sebenernya udah pengen banged bikin sesuatu nih, tapi bingung kapan mau mulainya”, eh guys, waktu yang tepat buat berkarya itu SEKARANG bukan NANTI. Udahlah jangan manja dengan membawa alasan “Belum ada ide nih”, “Belum mood nih”, “Belum makan nih”, “Belum punya pacar nih”, ah sudahlah, alasan yang terlalu ngawur dalam menghentikan semangat berkaryamu.

Kamu pengen terjun ke bisnis kuliner? mulai dengan belajar masak, sering nongkrong di cafe pelajari konsep cafe tersebut, banyak ngobrol sama orang-orang di bisnis ini. Kamu pengen jadi penulis? Banyak-banyak baca, banyak-banyak searching di Google tentang hal-hal yang berbau menulis, coba-coba ngirim tulisan kamu biar di muat jadi content diwebsite-website gitu, yang jelas mulailah menulis. Ini mengenai tindakan kok guys, ambil tindakan dan mulailah hari ini juga! Kamu gak perlu tau semuanya buat memulai. Masuk aja dulu lubangnya, abis itu baru belajar sambil melakukan (learning by doing). Berkarya itu harus dikerjakan jangan cuma dimimpikan.

Bukannya saya gak mendukung pendidikan berbau formal yah, yang ngajarin kalian mengenai teori. Tapi yaudah sih, gak usah munafik otak kita juga gak bakal kuat kalo dijejali teori terus. Kamu ikut workshop, pelatihan, kursus atau sejenisnya, tapi kalo udah ikut begituan ya tetep harus kamu mulai sendiri. Jangan puas dech sama ijazah atau sertifikat doank. Kehidupan merupakan pelatihan on the job kok, yang penting mulai dulu.

Penghalang dalam berkarya itu ada banyak banged, entah itu dalam hal bisnis, menulis, desain grafis, atau pekerjaan digital lain seperti membuat film, web series atau hal lain. Kadang sih penghalangnya berasal dari luar, macam tidak ada alat, sumber dana, kurangnya tenaga dll, atau bisa juga dari dalam, yah itu, prbadi yang banyak alasan tadi, dan gak mau mulai-mulai. Ayok mulai patahkan alasan-alasan yang kamu sering buat sendiri, biar karya kamu segera dibuat.

BELUM ADA IDE NIH

Gak munafik, ide emang jadi hal yang cukup berpengaruh dalam kamu berkarya sih. Tapi ide gak semata-mata datang yang tiba-tiba lho (kalo bahasa saya, mak bedunduk), kadang ide juga harus dicari. Jangan cuma nunggu idenya dateng, emangnya angkot, ditunggu. Ini IDE, kalo belum dateng ya dicari, kalo belum nemu kamu paksa diri kamu pokoknya kudu nemu, kalo perlu minta bantuan polisi buat ikutan nyari. Oke ini mulai gila, dipikir orang iang.

Tapi ya gitulah, dibawa fun ajah, kalo kamu emang udah pengen banged berkarya atau bikin sesuatu, kamu sih harusnya menyenangi hal itu, terus kamu bakal banyak cari tau tentang hal itu, dan dalam proses pencarian itu ide pasti bakal dateng gitu.

Udah dapet ide nih, masih mau bikin alesan?

BELUM TAU MAU MULAI KAPAN

Seperti tadi yang udah saya bahas panjang lebar diatas, waktu yang paling tepat buat berkarya itu yah sekarang. Kamu udah dapet idenya nih, yaudah kondisikan diri kamu buat mengerjakan itu dan make it real. Lebih baik dimulai pelan-pelan daripada engga sama sekali. Saya sekarang ini lagi belajar buat nulis, kadang emang bingung mau mulai dari mana nulisnya, kadang didepan laptop 1 jam cuma buat mbangun mood, tapi itu lebih baik sih menurut saya, karena pasti nanti ada waktunya tangan ini digerakan sendiri buat mulai nulis. Yah lebih baik daripada kamu cuma membawa ide kamu dalam mimpi, dan angan-angan kamu.

Saya sering juga bikin tulisan yang gak sampai selesai. Kadang terbengkalai jadi draft dan ngotor-ngotori directori laptop saya, tapi lebih baik lah, karena saya udah mau memulainya. Dengan berbagai kesalahan ini, saya akhirnya bisa dengan membuat tulisan yang urut dan terstruktur dan jadi satu tulisan yang bisa saya coba tawarkan buat di publish di website tetangga.

BELUM MOOD BUAT MULAI NIH

Yah alesan lagi. Udah dimotivasi buat memulai sekrang, tapi mood jadi penghalang. Jujur saya pun orangnya moody, tapi yow jangan sampe mood kamu jadi penghalang gitu guys. Kalo gitu terus kapan mulainya. Untuk mengatasi mood yang suka naik turun ini, saya biasanya sih suka ambil waktu buat ngobrol sama temen. Nongkrong ajah gitu dicafe, ngobrol, nanti biasanya antuasiasme saya buat berkarya sama mood saya bisa jadi naik dech. Abis itu langsung pengen segera nyelesein karyanya biar bisa dipamerin ke dia, eak.

Saya juga berprinsip, lebih baik saya membuat karya yang jelek waktu lagi gak mood, daripada saya gak bikin karya sama sekali. Kalo nunggu mood biar kamu bisa buat mahakarya, itu bakal susah banged guys. Mood itu gak konsisten, tapi dalam berkaya, kamu kudu profesional dan kudu konsisten. Jadi lebih baik bikin sesuatu yang jelek pas lagi gak mood, nah nanti pas udah mood karya yg kurang bags itu dibagusin lagi.

Bisa dilihat kan mood bukan jadi penghalang lagi sekarang.

NANTI KARYANYA MAU DIGIMANAIN

Yang bikin orang males berkarya adalah karena gak ada wadah, atau lebih tepatnya belum ada wadah. Udah ngehabisin waktu banyak eh gak cocok sama yang diharepin. Eh guys, berkarya itu mengenai passion. Sekali lagi saya tegaskan, kalo kamu suka, kamu gak bakalan ngerasa rugi buat ngerjainnya. Kamu tau gak Dewi Lestari (Dee), buku Filosofi Kopi yang dia terbitin adalah buku yang berisi kumpulan cerpen yang dia buat sejak jaman kuliah, baru-bari ini ajah dia terbitin, bahkan ampe dibuat film.

Kamu gak tau karya kamu bakal jadi masterpiece atau engga, kalo kamu gak pernah membuat karya itu.

Sekarang udah banyak wadah kok buat menampung karya kamu, kalo kamu punya pasiion di desain kamu bisa masukan ke 99design, kalo kamu bisa bikin web series udah ada YouTube, kalo kamu hobby nulis, masih banyak kok blog-blog yang butuh kontent, kamu coba ajah kirim tulisanmu kesitu.

Sekarang social media juga udah menjamur, dimanfaatkan lah buat nampung karya-karya kalian. Jangan cuma buat nampung status galau dan mengenaskan kalian.

Nah sekarang jangan banyak alasan lagi yah, kalo masih banyak alasan juga nanti aku cubit loh. Intinya mulai dari sekarang ajah lah, nikmati prosesnya, dan jadilah besar tepat pada waktunya. Sini peluk dulu.

Iklan

7 tanggapan untuk “BERKARYA SEKARANG JANGAN BANYAK ALASAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s