write-593333_1280

Pada dasarnya content atau article merupakan nyawa dari sebuah blog. Sukses atau tidaknya sebuah blog dipengaruhi bagaimana pemiliknya untuk terus mengupdate content atau article nya. Konsistensi dalam menulis blog akhirnya menjadi tantangan yang cukup berat buat seorang yang mau membangun blognya secara profesional. Merupakan tantangan, karena tidak mudah untuk terus menulis blog, apalagi yang belum kelihatan trafficnya. Dibutuhkan ketekunan dan daya juang lebih untuk terus menulis blog tersebut biar article nya semakin banyak dan semakin informatif juga.

Saya menulis artikel ini juga karena mengalami masalah ini juga. Masalah konsistensi menulis kayanya udah jadi masalah yang umum, tinggal gimana kita sebagai seorang blogger bisa mematahkan masalah ini dan terus konsisten menulis. Masalah ini juga biasanya muncul karena mulainya muncul beberapa alasan yang menghalangi kita buat nulis. Bakalan muncul berbagai alasan mulai dari tidak ada ide, tidak ada waktu, sampai males karena progress blog belum kelihatan.

Nah buat konsisten nulis saya menemukan beberapa caranya. Yah lumayan lah mendukung saya buat tetep nulis sampai sekarang.

TEMUKAN WAKTU YANG PALING NYAMAN UNTUK MENULIS 

clock-650753_1280

Kalo kamu mau mulai nulis, biasanya ada aja kendala, mulai dari bunyi bbm dari pacar, bunyi bbm dari mantan yang minta balikan teriakan orang tua yang minta dibeliin minyak, sampe teriakan tukang nasi goreng yang suka lewat deket rumah. Kan gak asik banged tuh, lagi mau nulis tapi diganggu-ganggu gitu. Nah buat menghadapi masalah ini, coba kamu cari waktu yang paling nyaman buat kamu menulis. Kamu bisa atur sendiri waktu yang paling nyaman buat kamu.

Gak ada patokan waktu yang paling pas buat nulis, karena setiap orang punya kenyamanan masing-masing. Contohnya saya, lebih nyaman nulis di atas jam 12 malam. Saya akan mengambil waktu itu khusus buat menulis, dan biasanya di jam-jam itu sudah gak ada gangguan.

CARI TEMPAT YANG NYAMAN BUAT MENULIS

notebooks-569121_1280

Kamu bisa cari tempat-tempat tertentu yang bisa buat kamu nyaman menulis. Dengan menemukan tempat yang bisa membuat kamu nyaman menulis, bakal membantu kamu mengelola mood. Biasanya waktu kamu mau menulis, mood kamu harus bener-bener lagi stabil dulu biar kamu bisa menghasilkan sebuah tulisan, kalo tidak biasanya kamu cuma bakal memandangi laptop dan tidak melakukan apa-apa. Tempat yang nyaman untuk menulis ini akan memberikan energi tersendiri buat kamu dalam mencari ide dan mengeluarkan semangat menulis kamu.

Menulis blog biasanya butuh ide dengan cakupan yang luas. Kamu bisa coba mencari cafe yang nyaman, tidak terlalu berisik, dan memberikan akses WiFi. Udah lah aku juga tau kok kalo kalian semua fakir kuota, jadi mendingan cari cafe atau tempat yang ngasih free WiFi, jadi kamu bisa pesen es teh doank dan tetep bisa ngakses internet, dompet gak bakal jebol.

BUAT TARGET MENULIS

notes-514998_1280

Seorang blogger itu tidak puya bos, kamu adalah bos buat diri kamu sendiri. Ada sisi enaknya memang sih, sisi enaknya ya kamu gak harus mengikuti aturan orang lain yang membuat kamu merasa gak nyaman, tapi sisi yang gak bagus yang berdampak ke kamu adalah kamu bakalan jadi manja dengan aturan kamu sendiri. Maka dari itu kamu harus belajar profesional untuk dirimu sendiri, profesional buat membangun blog, dan profesional buat menulis blog kamu sendiri.

Kamu buat target untuk diri kamu sendiri dan profesionalah dengan target itu. Contohnya kamu akan membuat satu article per hari, maka kerjakanlah demikian. Kalo memang ada pekerjaan lain yang akhirnya membuat kamu gak bisa memenuhi target itu, kamu harus menutup target itu di hari lain. Jadi dihari berikutnya kamu harus menulis 2 article sebagai tuntutan target hari itu dan hari yang lalu.

KELOLA MOOD

emotions-371238_1280

Gak dipungkiri, mood emang sangat mempengaruhi kegiatan menulis kamu. Kalo lagi gak mood yah biasanya 1 article pun gak bakal dibuat. Kamu harus bisa belajar mengelola mood kamu sendiri, jika kamu mulai bosan dengan kegiatan menulis blog kamu, kamu bisa ambil kegiatan lain. Refreshing melihat hal baru, melakukan kegiatan baru akan sangat membantu mengembalikan mood. Disamping itu kamu juga bakal mendapat ide-ide baru.

Tapi jangan sampai mood terlalu mempengaruhi kamu. Buatlah kegiatan menulis kamu menjadi menyenangkan, sediakan cemilan dan putar musik kesukaan kamu. Konsistensi sangat dibutuhkan dalam menulis blog, karena blog butuh update article dengan intensitas yang padat, maka dari itu belajarlah kelola mood kamu sendiri. Jangan sampai blog kamu berbulan-bulan tanpa update article, jangan sampai kamu kehilangan pengunjung di blog kamu.

Keep Writing, Keep Inspiring

 

Iklan

Satu tanggapan untuk “KONSISTEN MENULIS BLOG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s