entrepreneur-593358_1280

Ngeblog, sebuah kegiatan yang butuh banyak banged ide menulis. Gak memungkiri, kadang seorang blogger bakalan stuck nulis karena gak ada ide sama sekali. Kalo udah gini gimana nasib blognya? terbengkalai, dipenuhi sarang laba2, dan gak keurus lagi kaya mahasiswa yang jarang mandi.

Sebenernya ada banyak cara buat mencari ide, tapi kadang kita juga perlu sedikit memaksa diri kita biar mendekat ke ide tersebut. Kalo cuma nunggu ide itu dateng bakalan syusyah juga. Gak cuma blogger pemula, blogger senior pun kadang mengalami hal ini. Disinilah tantangan sebagai blogger, saat tidak ada ide menulis tapi harus konsisten menulis, padahal kualitas artikelnya juga jangan sampai turun.

Ada beberapa hal yang bisa memacu kita menemukan ide menulis. Kita harus mendekati sumber-sumber ide itu, kalo cuma nunggu bakalan tambah lama, dan tambah terbengkalai nanti blog kita. Gimana mau nemu kalo kita gak nyari, yah kadang-kadang sih kita beruntung nemu ide gitu, tapi kalo pas stuck dan gak nemu-nemu ide menulis, kita harus mendorong diri kita buat “mencari”. 

MULAILAH NONGKRONG DAN BERSOSIALISASI

People

Menjadi blogger tapi antisosial, kayanya bakal susah dech. Kita harus punya banyak wawasan dan itu bisa kita dapet dengan kita bersosialisasi. Mulailah nongkrong dan ajaklah banyak orang buat ngobrol, dari situ kadang kita bakal nemu banyak ide menulis. Kadang orang-orang ini akan memberikan pengetahuan-pengetahuan baru yang belum kita tahu sebelumnya.

Mulailah terbuka dengan orang-orang baru, jangan sungkan berkenalan dan memulai obrolan dengan orang-orang baru. Temuilah berbagai jenis mahluk sosial yang ada, mulai dari tukang becak, penjaga angkringan, mahasiswa, karyawan dll, nah dari situ kita bakal dapet banyak banged pengetahuan dari sudut pandang yang beragam.

BANYAK-BANYAK MEMBACA

Reading

Baca semua sumber yang bisa dibaca. Majalah anak, majalah ibu-ibu, asal jangan majalah dewasa. Bacalah forum-forum di internet, artikel-artikel di internet, buku-buku dll. Kita harus punya stok pengetahuan yang cukup banyak buat bisa memacu otak kita mengeluarkan ide menulis. Dari membaca, selain kita mendapat tambahan wawasan, kita bakalan mendapat inspirasi dalam menulis. Dengan melihat tulisan orang lain kadang kita bakal termotivasi buat menulis lagi, dengan ide-ide menulis yang baru dan segar.

SEKALI-KALI PIKNIKLAH

holiday

Sesekali pikniklah, kelur dari rumah dan lihat banyak hal diluar sana. Kita bisa mengunjungi tempat-tempat yang asik untuk berlibur. Kadang kita tidak punya ide menulis karena sedang tidak mood, makanya perbarui dulu mood kita supaya lebih fresh untuk menulis lagi. Nikmati sesekali hidupmu, jangan terlalu memaksakan diri dengan hal-hal yang berat. Dengan piknik kita bisa melihat banyak hal yang bisa menginspirasi, mulai dari melihat keindahan alam, melihat orang-orang dijalan, sampai melihat kejadian-kejadian yang ada diluar.

Diluar kita bisa melihat banyak hal dan dari situlah kadang bisa muncul banyak ide menulis, dan kita tinggal mengolahnya saja sehingga bisa jadi sebuah artikel yang bagus.

NONTON FILM KADANG JUGA PERLU

watching

Kalian pasti tau ada begitu banyak hal-hal yang tidak mungkin terjadi, bisa menjadi mungkin untuk terjadi di dunia film. Cerita yang penuh imajinasi, sinematografi yang tidak biasa, dan alur cerita yang tidak dapet diprediksi akan memacu kita menemukan ide-ide menulis yang segar. Hal-hal didunia film bisa memberikan dorongan untuk kita melihat sesuatu yang tidak terjadi disekeliling kita, faktor inilah yang akan memacu kita menemukan ide segar itu.

Ini hanya beberapa hal yang bisa membantu kamu dalam menemukan ide menulis, tentu masih ada banyak lagi, tapi intinya adalah kita harus mendorong diri kita untuk aktif mencari, berani mengambil tindakan mendekati sumber-sumber ide dan peka dengan hal-hal yang ada disekeliling kita.

Keep Writing, Keep Inspiring

 

 

Iklan

Satu tanggapan untuk “MENCARI IDE MENULIS BLOG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s