arahiyoung

Keep Up, Local Movement Kudu Terus Mlaku (harus terus berjalan – bahasa jawa) sebuah slogan dari Arahiyoung yang akan terus dipegang dan didengungkan. Sudah sejak februari 2015 team redaksi Arahiyoung dengan berbagai masalah dan peluh lelah bertahan hingga sekarang. Sudah 2 edisi Arahiyoung diterbitkan, dan kami harapkan akan terus dilanjutkan hingga edisi 3 dan seterusnya. Sejak pertama Arahiyoung terbit kami percaya disinilah kami bisa bersuara. Kami mulai bisa tersenyum lebar dan berteriak “Akhirnya suara kami bisa terdengar, karya kami bisa tersebar”. Saat tak ada yang melihat kami sebagai pekarya lokal, di Arahiyoung kami mendapat tempat.

Disini kami merasa mendapat keluarga baru, saat berbagai komunitas diwadahi dalam satu tempat untuk membawa satu visi “Whatever Happens, Whatever Will Be, Purworejo Harus Tetap Berirama”. Kitalah yang akan membuat irama itu dikota ini, kitalah yang akan ikut bersuara untuk kota ini, menyuarakan hal yang sudah segan untuk diurusi oleh pemerintah daerah. Kami butuh keberadaanmu, kami butuh eksistensimu tetap terjaga, Arahiyoung kembalikan suaramu, ajak kami bersuara lagi.

arahiyoung2

Sejak edisi kedua keluar, kami menunggu dan menanti kapan edisi 3 akan menyusulnya. Kami paham betul ada berbagai kendala didalam team redaksi Arahiyoung untuk merelease edisi ke 3 ini, dan kami akan terus menantinya. Sudah banyak teriakan yang berwacana “Arahiyoung tidak akan lama lagi”, atau teriakan lain “Ini majalah ilegal, tak layak didukung”, berusaha menyudutkan Arahiyoung untuk terus bertahan. Tapi kami dengan lantang membangun pasukan, membangun kubu-kubu yang siap mempertahankan Arahiyoung untuk tetap eksis.

Apa Itu Arahiyoung Dan Mengapa Kami Mendukungnya

CEP-h78VAAAPjbs

Purworejo. Mungkin tak banyak yang mengenal kota ini, bahkan @abdurarsyad komika nasional yang pernah manggung di Purworejo dalam tour Rule Of Three (Tour pemenang 3 besar @StandUpKompasTV season 4, untuk wilayah Purworejo di organize oleh @StandUpIndoPWR) mengatakan bahwa dia belum pernah tau ada kota atau kabupaten yang namanya Purworejo, dia kira Purworejo itu cuma kecamatan. Ya, sebuah celotehan yang menggelitik, dan membuat saya tertawa. Tak banyak yang tau Kabupaten Purworejo, padahal di kota ini lahir orang-orang besar macam Jendral A.Yani, Maestro musik W.R Supratman, Letnan Jendral Urip Sumoharjo, Sarwo Edhie Wibowo (Mertua SBY), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah). Siapa sangka, putra daerah macam mereka mampu menjadi orang-orang yang berpengaruh bagi bangsa ini.

Banyak kenyataan mengenai Purworejo yang belum diketahui khalayak luas, bahkan putra daerah Purworejo sendiri, disinilah Arahiyoung hadir. Sebuah majalah yang digawangi oleh anak-anak muda lokal Purworejo dengan visi untuk menjadikan Purworejo terus berirama dengan berbagai karya anak mudanya, dengan kebanggaan akan sejarahnya, dan informasi tersembunyi dari kota ini. Arahiyoung yang masuk dalam pintu media, berusaha tampil menjadi media pembeda untuk media yang sudah lebih dulu ada meliput berita tentang kota ini. Arahiyoung, sebuah majalah yang mengedepankan idealisme dalam berkarya dan tidak semata-mata mengacu pada uang pendapatan, menjadikan majalah ini bersuara lebih lantang dan lebih jujur. Arahiyoung mewakili setiap suara anak muda yang mau berkarya, dan ingin sedikit membuat bangga nama Purworejo dengan hasil karya mereka.

Itulah mengapa kami mendukungnya, karena kai sebagai pemuda yang berkarya kami butuh media sebagai tempat kami berbicara, tempat kami bersuara, dan tempat kami memamerkan karya kami.

Mengapa Arahiyoung Begitu Berharga Buat Kami

CEP0PoNUIAAK6v4

Jika ada yang tau lagunya Flashlight – Jessie J, mungkin lagu ini cukup menggambarkan mengapa Arahiyoung begitu berarti keberadaannya bagi kami.

I got all I need when I got you and I
I look around me, and see a sweet life
I’m stuck in the dark but you’re my flashlight
You’re getting me, getting me through the night

Kick start my heart when you shine it in my eyes
Can’t lie, it’s a sweet life
Stuck in the dark but you’re my flashlight
You’re getting me, getting me through the night
‘Cause you’re my flashlight

Sebagian penggalan lagu Flashlight dari Jessie J. Kami sudah lama terjebak dalam media yang gelap, media yang menutup mata pada kami yang tidak terlihat, sejarah yang tak terkupas, dan pekarya yang tak terdeteksi. Arahiyoung hadir seperti flashlight yang membawa terang pada gelapnya media umum yang ada, Arahiyoung mampu mengupas apa yang selama ini tersembunyi. You’re getting me, getting me through the night, yups, Arahiyoung, kamu membawa kami melalui gelapnya keadaan di Purworejo.

Salahkah Kami Bangga dan Peduli Pada Purworejo

motherland

Beberapa waktu lalu ada seorang teman yang berkata pada saya “Ngapain nang Purworejo, raduwe masa depan, aku ora bangga dadi wong Purworejo”. Jika Hak Azazi Manusia itu benar nyata, saya sangat menghargai pernyataan itu sebagai sebuah Hak Azazi untuk tidak bangga pada kota kelahirannya, tapi hargai juga Hak Azazi kami yang benar-benar bangga pada Kota ini (Setidaknya kami berusaha membuat kota ini membanggakan).

Salahkah kami lahir di Purworejo? Salahkah kami menghirup Oksigen kota Purworejo? Salahkah kami hidup dari hasil bumi kota Purworejo? Salahkah kami hanya sedikit bangga dan peduli pada Purworejo.

Arahiyoung membuka mata kami untuk semakin bangga dengan Purworejo. Dia membuka setiap lembaran lusuh sejarah yang tak pernah terjamah, mengungkap kenyataan yang pernah ada di kota ini. Masih banyak anak Purworejo asli yang tidak tau akan kotanya. Budaya kotanya yang perlahan tersamarkan, icon kota yang tidak dipertahankan mulai dicaplok daerah lain dan diangkat sebagai branding kota mereka. Apakah kami salah hanya untuk sekedar mempertahankan kebanggaan pada kota kami?

Seperti halnya saya selalu menyuarakan #IndonesiaButuhKamu, saya juga mau menyuarakan bahwa Purworejo juga butuh kamu

Arahiyoung membawa pergerakan ini lebih dalam. Local Movement Kudu Terus Mlaku, Pekarya Lokal Kudu Diwadahi, Purworejo Kudu Terus Berirama.

Disini kami berdiri bersama-sama, berjalan beriringan, dan bergerak serentak.

Arahiyoung Please Rise Up Again!

cats

Arahiyoung, kami menunggu kebangkitanmu. Kembalikan lagi taringmu.

Darimu aku belajar bersuara, darimu aku belajar berkata-kata, darimu aku berani berkarya dan percaya aku bisa hidup dari karya.

Arahiyoung, kami siap kembali berdiri bersama-sama dengan mu.

Kami menunggu edisi-edisi selanjutnya dari cerita mu bersama pekarya Purworejo. Cheers!!!


Tulisan ini dibuat oleh @BangJho_ sebagai bentuk dukungan pada Arahiyoung. @BangJho_ menulis ini mewakili setiap pekarya yang selama ini sudah didukung oleh Arahiyoung dan meraka-meraka yang terus setia menunggu setiap edisi dari Arahiyoung. Begitu Emosional tulisan ini dibuat, karena @BangJho_ benar-benar ingin terus melanjutkan perjuangan yang sudah dimulai bersama-sama dengan Arahiyoung ini. Keep  Up, Local Movement Kudu Terus Mlaku. Whatever Happens, Whatever Will Be, Purworejo Harus Tetap Berirama.

Salam Cheers!!!
@BangJho_

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s