technology-791034_1280

Jaman SD dulu di pelajaran IPS pasti sering banged denger ungkapan Manusia itu hidup sebagai mahluk sosial, makanya sudah seharusnya manusia itu bersosialisasi dengan lingkungannya karena saling membutuhkan manusia lain. Begitu juga dengan kita para manusia yang tukang nongkrong di Blog atau biasa disebut Blogger. Kita juga harus pandai bersosialisasi dengan Blogger lain, karena blog kita butuh diakui oleh blogger lain. Dalam dunia blogging kita seringkali mendengar istilah blogwalking, atau jalan-jalan di blog. Emangnya cuma anak gunung sama anak racing yang bisa ngetrip jalan-jalan, kita anak blog juga bisa jalan-jalan mengunjungi blog lain. Buat para blogger istilah blogwalking kayanya sudah gak asing lagi, kalo masih asing sama blogwalking, mungkin main kamu kurang jauh, dan bacaan kamu belum banyak sebagai seorang blogger. Jadi blogger perlu rakus baca sama rajin cari sesuatu yang baru bro.

Intinya blogwalking itu yah mengunjungi blog orang lain. Tapi ya gak cuma sekedar berkunjung, harus ada saling memberikan keuntungan antara si pengunjung blog dengan si pemilik blog, win win solution gitu atau simbualisme lah. Inilah inti dari blogwalking, saling mengunjungi saling silaturahmi, dan saling bertukar link. Nah sebagai manusia yang memiliki tata krama dalam bersosialisasi, dalam dunia blog juga ada tata kramanya men. Jadilah mahluk sosial yang baik di blog, dengan melakukan blogwalking dengan elegan. Kenapa elegan, karena banyak banged mereka yang melakukan blogwalking cuma sekedar promosi, ningalin link doank, dan ada juga yang spam, kan gak etis, gak elegan banged coy. Kalo kalian merupakan salah satu dari mereka, ini sama ajah kaya kamu bertamu kerumah orang, kamu numpang ke toilet udah kencing sama BAB, terus gak disiram, pergi gak pamit lagi.

Keduabelah pihak harus sama-sama diuntungkan donk. Blogwalking memang memiliki banyak manfaat kalo kamu mampu memaksimalkannya. Jadi ini beberapa cara dan tehnik yang elegan yang semestinya kamu perhatikan saat melakukan blogwalking biar kegiatan tersebut tidak sia-sia. Kamu dapet manfaat, tetap menjaga keeleganan sebagai blogger, dan menjadi manusia sosial yang baik.

Baca Dulu Artikelnya

man-791049_1280

Kebanyakan blogger, waktu blogwalking mereka tidak membaca seluruh artikel yang di blog yang mereka kunjungi. Come on man, kamu seorang blogger, kamu pasti pengen orang-orang yang dateng berkunjung ke blog kamu itu membaca tulisan kamu. So hargailah tulisan blogger lain juga, bacalah, ambil ilmunya, dan berilah kontribusi dengan cara memberikan like, share, atau meninggalkan komentar yang sesuai dengan ini artikelnya. Kalo gak mbaca gimana komennya mau sesuai, bisa-bisa malah nggak nyambung dengan artikel.  Komentar yang gak pas atau nggak nyambung bakal membuat reputasi kita menurun, baik itu di mata si pemilik blog yang kita komentari maupun pembaca lainnya.

Sebelum kita minta dihargai orang ada baiknya kita menghargai dulu orang lain. Jadilah pembaca yang baik, sebelum blog kamu atau tulisan kamu dibaca banyak orang.

Jangan Asal Komentar

girl-791177_1280

Kalo udah baca seluruh artikel maka saatnya buat meninggalkan jejak. Berkomentar dalam blogwalking adalah hal yang wajib, ini wajib bukan sunnah, jadi harus dilakukan. Namanya juga mau silaturahmi, gampangannya kalo kita mau bertamu kerumah orang, tapi kita cuma liat-liat rumahnya dari luar dan gak mau ketuk pintu terus ketemu yang punya rumah kayanya itu bukan bertamu namanya. Kalo bertamu yah ketuk pintu, kalo ada yang punya rumah yah ditemuin terus ngobrol gitu, nah itu baru blogwalking. Makanya berkomentarlah, tinggalkan jejak biar si pemilik blog tau kalo blognya ada tamu yang udah pernah berkunjung.

Tapi ngasih komentar di blog orang  juga jangan sembarangan. Komentarnya harus sesuai sama isi artikelnya. Boleh saja memberikan opini tidak setuju, tapi haus nyambung, jangan yang gak nyambung. Tapi tetep jaga tata krama, kita disitu sebagai tamu yang sedang membangun reputasi. Kita harus pinter-pinter mengolah kata-kata dikomentar biar enak dibacanya, gak membuat tersinggung kalo kita agak sedikit berbeda pendapat. Tapi kalo kalian setuju dengan isi artikelnya, apresiasilah. Tapi jangan cuma nulis “keren bro”, nah yang keren apanya. Paling tidak kita kasih komentar atas tulisan yang baru saja kita baca itu.

Jangan Spam

road-sign-464656_1280

Sebenernya ini masih ada kaitannya sama sub diatas. Cuma kalo diatas lebih menekankan kearah, bagaimana harusnya ngasih komentar jadi biar nyabung ajah. Nah yang bagian ini lebih menekankan sama orang yang tukang spam. Please, jangan spam dengan komentar panjang lebar yang ujung-ujungnya kamu cuma promo obat pembesar penis.

Komentar yang bersifat SPAM biasanya juga bakal langsung dihapus sama admin blog, rugi men karena kita  sudah rela memakai waktu kita untuk berkomentar, ternyata komentar kita tidak disetujui, malah dihapus. Kalo ninggalin komentar yang bersifat SPAM, itu juga bisa berakibat sama reputasi blog kita. Blogger tukang nyepam tidak akan disukai, dan bakalan pada males mengunjungi blog kita.  Memiliki reputasi buruk di mata pemilik blog lain, dan para pembaca blog lain itu adalah masalah. Selain itu reputasi blog kita juga bakal jelek dimesin pencari seperti google, soalnya blog yang suka nyepam gak disukai sama google dan blog kalian nanti bakal dicap jelek sama mesin pencari google. Kan sia-sia jadinya, udah nulis blog capek-capek, eh gak ada yang baca.

Makanya jadilah blogger yang baik bro. Jangan jadi spammer.

Jangan Kebanyakan Promo Kaya Sales

Jadilah komenters yang elegan, asek. Kalo komentar, jangan kebanyakan promo. Isi komentarnya cuma juga “salam kenal”, “halo”, “nice info”, “mantap”, “keren gan”, abis itu langsung ninggalin link dan minta kunjungan balik. Jadilah sales yang elegan, caranya berkomentar dengan cerdas sesuai isi blog. Jangan ninggalin link dech, mending waktu komen masuknya pake akun platform blog kamu, entah itu wordpress atau blogspot. Kalopun misalnya harus nulisin link, pilihlah strategi yang tepat, misalnya blog yang kamu kunjungi membahas tentang satu hal, dan kamu juga punya bahasan yang sama di blog kamu, kamu bisa ninggalin link kamu dan bilang ajah “aku juga bahas hal yang sama nih, ada beberapa opini dari sudut pandangku yang sapa tau bisa melengkapi gitu”. Nah kalo gitu kan asik, kesannya kaya kamu pengen tukar pikiran, bukannya promosi doank.


Oke segini dulu saja. Jadilah pengunjung blog yang baik. Blogwalking secara elegan dan jadilah mahluk sosial yang baik dan berlaku benar di blog

Keep Writing, Keep Inspiring.

Iklan

3 tanggapan untuk “BlogWalking, Jadilah Mahluk Sosial Yang Baik Di Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s