students-250164_1280

Cie cie udah jadi MABA, cie cie udah DEWASA.
Udah gak perlu pake seragam lagi, Udah bisa hidup dikost sendiri, bisa main PES sepuasnya sampe pagi, gak peduli ocehan mami.

Cie cie udah jadi MABA, udah menyandang gelar mahasiswa.
Menempuh pendidikan tinggi untuk membangun negeri (katanya).
Mencari ilmu, meningkatkan kualitas hidup supaya lebih bermutu (katanya).

Bebas berpendapat mengkritisi masalah dibangsa sendiri. Udah bisa DEMO meminta pendapatnya didengarkan penguasa bangsa ini. Eh padahal cita-citanya cuma pengen jadi pegawai negeri.

 

Tahun ajaran baru sudah mulai nih gaes! OSPEK udah selese kan yah, cie udah jadi mahasiswa seutuhnya. Udah mau masuk kuliah, ketemu dosen, ketemu materi baru diperkuliahan, dan ketemu hal-hal baru lah pokoknya. Hal-hal baru yang gak kamu temuin di SMA dulu. Kehidupan perkuliahan punya dinamika yang beda sama SMA gaes. Kamu dituntut lebih mandiri, cermat, dan mampu bertahan hidup.

Dunia kampus, atau dunia perkuliahan itu udah kaya belantara gaes. Liar, keras. Tapi dunia perkuliahan bakal jadi menyenangkan juga kok kalo kamu tau cara menikmatinya. Intinya kamu harus cermat, kamu harus kuat, supaya kamu bisa survive dengan diri kamu sendiri. Misalnya, jaman SMA kan kamu masih sering didikte buat bikin catetan sama guru, di perkuliahan mana ada. Dosen cuma ngoceh gak jelas, abis itu tau-tau ujian dech. Nah kalo kamu gak cermat, gak kreatif nyatet atau cari bahan materi sendiri, kamu bakalan abis dech. Nilai C didepan mata.

Nah itu tadi cuma salah contoh mengenai dunia perkuliahan. Penting banged kan buat bisa bertahan hidup dari dunia perkuliahan yang kejam itu. Nah makanya kamu harus paham betul bagaimana cara-caranya supaya kamu bisa tetap bertahan dengan dunia perkuliahan sampe kamu jadi sarjana (atau berhenti karena DO).  

Carilah Teman Yang Bisa Diandalkan

students-703003_1280

Saat menjadi mahasiswa, kamu akan sangat butuh yang namanya teman. Gaya hidup yang mengandalkan diri sendiri dalam segala situasi waktu jaman SMA, mending dihilangkan dech. Kalo kamu tipe nerd dan gak mau bergaul pas jaman SMA, mending kamu belajar bergaul mulai dari sekarang. Cari teman, gak usah banyak-banyak, yang penting kamu punya temen yang bisa diajak berbagi, dan diandalkan disaat-saat yang paling kamu butuhkan.

Saat udah jadi mahasiswa kamu bakal jauh dari orang tua (buat perantau), apa-apa bakal kamu tanggung sendiri juga. Nah dengan punya temen kamu bakal lebih dipermudahkan. Carilah teman dilingkungan kampus dan juga kos-kosan. Kenapa begitu? Jadi gini. Temen kamu dikampus, belum tentu satu kos sama kamu, dan dia gak bakal bisa banyak bantu kamu mengenai hal-hal yang kamu butuhkan di kosan, nah begitu juga sebaliknya. Jadi kamu perlu punya teman, minimal didua lingkungan yang berbeda ini.

Jadi kalo misal kamu pas di kost kehabisan makanan, bakalan ada temen di kosan mu yang mau berbagi sedikit jatah makannya buat kamu. Pas kamu sakit dikosan, bakal ada temen juga yang mau ngurusin kamu. Ya setidaknya ada yang mau beliin kamu obat dan beliin makanan. Udah banyak kasus lho, mahasiswa mati dikosan sampe gak ketahuan. Nah kalo ada temen satu kosan yang punya hubungan baik, pasti kamu bakalan sering dijenguk dan diurusin kalo pas sakit.

Dikampus juga gitu. Misal kamu gak masuk, temen kamu bakalan ada yang pinjemin catetan atau ngasih tau kalo ada tugas. Pas kamu lupa bikin tugas, ada temen yang mau ngasih contekan juga (kalo bisa jangan nyontek sih, dosa).

Bertemanlah, karena disaat-saat paling berat dalam hidupmu, setidaknya kamu bisa berbagi bebanmu bersama meraka.

Bersikaplah Yang Benar 

concentration-16032_1280

Dimanapun kamu berada yang namanya attitude pasti bakal jadi faktor yang dilihat orang atas diri kamu. Kamu bakal disenangi atau bakal dijauhin, itu tergantung attitude kamu. Maka dari itu, sebagai MABA kamu juga harus bersikap dengan benar, miliki attitude yang benar. Kenapa benar? Bukan baik? Karena yang baik, kadang adalah seorang penjilat, dan menyebalkan. Sikap yang baik tapi tidak tulus, sangat dibenci banyak orang. Maka dari itu bersikaplah yang benar.

Dengan sikap yang benar, kamu bakalan mendapat respect dari teman-temanmu dan dosen. Akan ada banyak kemudahan saat dosen dan teman-temanmu merasa nyaman dengan sikap kamu. Kamu akan mendapat banyak bantuan disaat-saat yang paling tidak terduga.

Kamu adalah cerminan sikapmu.

 

Jangan Jadi Invicible, Tapi Juga Jangan Caper

Banyak banged tipe-tipe mahasiswa kaya gini. Kalo gak invicible, yah caper. Invicible atau tidak terlihat. Kamu cuma cari aman dengan menjadi orang yang tidak terlihat, menjauh dari pergaulan. Ingat poin awal, kamu harus punya teman, dan menjadi Invicible itu bakalan susah dapet temen. Ayolah, berusaha bergaul, belajar bersosialisasi. Kamu gak bisa terus-terusan menanggung hidup kamu sendiri. Kamu harus terlihat, kamu akan merasa nyaman saat sudah mengerti apa itu hubungan pertemanan.

Nah ada juga jenis yang sok CAPER (Cari Perhatian). Jenis ini biasanya suka lebay gitu berusaha mencari apresiasi dari oarang-orang disekitarnya. Suka overacting gitu lah. Okay, dengan kaya gitu kamu bakal dilihat orang, tapi kamu tidak akan menjadi kesan positif buat oarang-orang tersebut.

Bersikaplah sewajarnya, jangan dilebih-lebihkan, jangan dikurang-kurangi. Karena yang pas, akan jauh lebih menyenangkan.

 

Carilah Penghasilan Tambahan

banknote-15628_1280

Mahasiswa itu sebenarnya adalah pengangguran terselubung. Orang seusia mahasiswa sepantasnya sudah bisa mandiri dengan hidupnya. Saat menjadi mahasiswa kita masih mengandalkan uang kiriman orang tua, mulai dari biaya kuliah, biaya kost, sampe uang saku. Come on, kalian udah dewasa, coba lah melakukan sesuatu yang bisa menghasilkan sedikit uang. Yah setidaknya bisa buat ongkos pacaran, tanpa motong jatah makan. Hal ini sangat dianjurkan, kecuali kalo kamu emang anak saudagar kaya.

Banyak hal kok yang bisa kamu lakukan, mulai dari jualan pulsa, jadi reseller barang, jualan online, kerja paruh waktu dll. Tapi ingat, kalo kamu bisnis, kamu harus benar-benar tlaten. Jangan sampe kalo kamu dagang pulsa terus modalnya abis karena diutangin temen kamu. Kamu harus tlaten buat nyatet dan nagih. Namanya juga bisnis, kamu berhak nagih teman mu yang ngutang. Tapi pakailah cara baik-baik. Nah kalo misal dia udah ditagih gak mau bayar, yaudah jangan diutangin lagi. Rugi-rugi dikit itu biasa. Setidaknya kamu belajar.

Hati-hati dengan bisnis-bisnis gak jelas diluar sana. MABA biasanya menjadi sasaran para agen MLM. Emang gak semua bisnis MLM itu tipu-tipu, tapi ada baiknya kamu cari tau dulu seluk-beluk bisnisnya, dan cari testimoni dari semua pihak atau kalangan.

Ayo belajar buat memanage bisnis kecilmu dengan baik, sebelum kamu memanage masa depan mu.

Carilah Link Kakak Tingkat

Mempunyai link kakak tingkat yang punya pengaruh sangat menguntungkan buat kamu. Kakak tingkat (yang punya pengaruh) biasanya sangat cepat dalam mendapat informasi mengenai banyak hal. Mulai dari acara-acara kampus, seminar-seminar bagus, sampe beasiswa. Dengan kamu berhubungan baik dengan kakak tingkat, dan kamu berpotensi, biasanya kamu bakal direkomendadikan sama dia. Mulai dari mendapatkan beasiswa, magang (biasanya setelah kamu masuk semester 3), dan lain sebagainya.

Berhubungan baik yah, bukan jadi penjilat.

Aktif Di Beberapa Kegiatan Mahasiswa

Menjadi mahasiswa emang menuntut banyak waktu kamu. Kamu akan banyak bertemu tugas dan jadwal kuliah yang edan lah. Tapi bukan berarti kamu gak bisa bersenang-senang. Hiduplah secara maximal. Ada banyak UKM (Unit kegiatan mahasiswa) yang kamu bisa ikutin, sesuai bakat sama minat kamu. Ada juga beberapa komunitas gitu dikampus, gak ada salahnya kamu ikut. Yang penting kamu bijak-bijak ajah dalam mengatur waktu. Jangan lupain tanggung jawabmu.

Kadang di UKM atau Komunitas ini, kamu bakal mendapat skill-skill yang tidak pernah diajarkan diperkuliahan. Di UKM atau komunitas ini kamu bakal banyak berkarya lah, dan bisa mendapat bimbingan dari senior-senior kamu. Kan lumayan tuh, kamu udah jadi sarjana dan punya skill lebih dibanding lulusan lainnya.

Ingat, menjadi mahasiswa bukan cuma mengejar wisuda, ada banyak kesempatan untuk berkarya. Maka berkaryalah, dan jadilah dampak.

***

Kayanya cukup sekian dulu pembahasan kali ini. Kalian para MABA harus siap sedia. Perkuliahan ibarat perang yang harus dimenangkan. Wisuda bukan mutlak menjadi tujuan. Tapi ilmu dan pembaharuan pola pikir juga menjadi pendukung penting untuk digapai. Kalian para MABA jadilah tonggak masa depan bangsa. Berkaryalah, berdampaklaha.

Keep studying, keep inspiring.

Iklan

3 tanggapan untuk “CARA BERTAHAN HIDUP MAHASISWA BARU DI BELANTARA PERKULIAHAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s