Sumber: pixabay.com

Dunia comedy di Indonesia sekarang ini lagi nanjak-nanjaknya nih. Trend Stand Up Comedy yang udah wara-wiri diberbagai stasiun TV menandakan bahwa masyarakat Indonesia akan selalu mencintai comedy apapun bentuk dan genrenya.

Kita lihat saja gimana sekarang para comedian yang jadi pelengkap berbagai acara. Mulai dari mas Tukul yang akhirnya malah jadi host, sampai acara dangdut sama acara musik pagi yang dipenuhi gimmick comedy. Bisa dibilang kehadiran elemen comedy inilah yang menjadi penyegar acara.

Di Indonesia ini trend comedy sering berubah-ubah. Mulai dari genre sampai formatnya. Gak usah jauh-jauh dech liat dari jamannya srimulat, kita liat ajah dari 10 tahun terakhir. Dari 10 tahun terakhir ini ajah udah banyak banged hal-hal yang beralih didunia comedy. Coba mari kita sama-sama amati.

Sketsa Comedy

Tahun 2004-2013 Extravaganza menjadi penghibur para penonton TV. Sebuah acara yang berkonsep sebuah sketsa komedi. Trans Tv memang cukup ahli dalam hal ini. Lihat saja acara-acara comedy yang dihadirkan oleh Trans TV pasca Extravaganza. Ada banyak lah, saya juga gak ngikuti. Yang saya tau cuma Sketsa.

ANTV juga gak mau kalah, Tawa sutra jadi andalan mereka untuk mengocok perut penontonnya. Bahkan sampe sekarang, acara ini masih diputer pas tengah malem.

Slapstick Comedy

Berterima kasihlah dengan OVJ yang mengangkat hal ini melalui setiap tayangannya. Pukul-pukulan pake sterofom kayanya sempet jadi trend juga sejak adanya OVJ. Slapstic comedy ini juga mulai merambah keacara-acara lain. Bahkan acara musik pagi juga sempet ikut-ikutan, gak tau dech apa motivasinya ikut-ikut beginian.

Konsep acara OVJ juga banyak diadopsi, sampai akhirnya muncul istilah comedy joget-joget -_-. Agak males sebenernya bahas ini, tapi gimanapun juga hal ini pernah menghiasi dunia comedy di Indonesia.

Sebuah acara yang ditayangkan selama 2 jam lebih, menggabungkan antara sketsa comedy, lenong, dan gimmick slapastic tentu saja. Gak tau dech maksud ini acara apa. Tapi ya kembali lagi ini pernah menjadi trend comedy di Indonesia.

Situasi Comedy

Situasi comedy atau sitkom sebenarnya udah mulai trend sejak jaman Bajaj Bajuri. Tapi gak tau kenapa waktu itu Bajaj Bajuri serasa gak ada musuhnya. Nah sekarang hal itu mulai muncul lagi. Lihat saja NET TV dengan Tetangga Masa Gitu, ini kaya jadi penyegar ajah gitu.

Sinetron comedy juga mulai banyak hadir, RCTI yang menjadi dalangnya. Preman Pensiun yang jadi trend dan emang ceritanya bagus sih.

Stand Up Comedy

Akhirnya Stand Up hadir menjadi penerobos. Berawal dari Stand Up Comedy Show di Metro dan SUCI yang ada di Kompas, disinilah awal mula Stand Up comedy muncul sebagai hiburan baru. Tahun 2011 dimana komunitas StandUpIndo lahir, menjadi tonggak sejarah Stand Up Comedy sudah menancapkan bendera di kancah dunia hiburan Indonesia.

Tapi selama 3 tahun berjalan, kayanya Stand Up Comedy masih terkesan exclusif. Ya karena cuma 2 tv nasional yang menayangkan juga. Sampai akhirnya Indosiar dengan SUCA dan diikuti MNC dan RCTI dengan konsep mereka masing-masing.

Ya inilah dunia Stand Up Comedy sekarang. Tapi entahlah, kalo saya lebih menikmati nonton stand up special atau nonton comic-comic local ajah. Males banget nonton di TV udah kebanyakan, bikin muntah. Tapi ya gak papa, malahan bagus untuk perkembangan dunia Stand Up Comedy. Tapi kalo saya sebagai penikmat kesenian ini yah tau diri ajah dengan menikmati yang saya suka ajah, gak harus semuanya ditonton.

Dan akhirnya sekarang ada sebuah acara bertajuk Selebriti yang belajar jadi COMIC. Wow, makin semarak saja nih.

Improv Comedy

Berawal dari Mosidik dkk yang melahirkan ImprovIndo kemudian UUS dan Iankanlah dengan duo Sepuluhturanya menggoncang dunia comedy ini. Genre ini terkesan merupakan Β pretelan dari Stand Up Comedy, karena pelakunya juga kebanyakan adalah comic.

***

Dunia comedy emang gak akan pernah habis. Selalu ada yang baru. Selalu bersikulasi. Sketsa sebenernya udah ada sejak jamannya srimulat. Slapstic juga sempet dibawain sama Warkop dengan gaya yang elegan. Gimanapun juga trend ini akan terus berputar, cuma konsepnya saja yang berubah.

Mari kita lihat mau kemana lagi trend comedy ini akan beralih.

Iklan

12 tanggapan untuk “TREND DUNIA KOMEDI DI INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s